WAJIBNYA BERNIAT PUASA SEBELUM DATANG WAKTU SUBUH KETIKA PUASA WAJIB

Jika telah jelas masuknya bulan Ramadhan dengan penglihatan mata atau persaksi an atau dengan menyempurnakan bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari, maka wajib atas setiap muslim yang mukallaf untuk berniat puasa di malam harinya, berdasarkan sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam (yang artinya): “Barangsiapa yang tidak berniat sebelum fajar untuk puasa maka tidak ada puasa baginya”.   (HR Abu Daud (2454), Ibnu Majah (1933), Al-Baihaqi (4/202)).

Dan Sabdanya (yang artinya): “Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam harinya maka tidak ada puasa baginya.” (HR An-Nasa’I (4/196), Al-Baihqi (4/202), Ibnu Hazm (6/162), dari jalan Abdur Razaq dari Ibnu Juraij dari Ibnu Syihab. Sanadnya SHAHIH kalau tidak ada ‘an ‘anah Ibnu Juraij, akan tetapi shahih dengan riwayat sebelumnya).

Niat itu tempatnya di hati, melafadzkannya adalah bid’ah yang sesat walaupun manusia menganggapnya baik, kewajiban untuk berniat sejak malam itu khusus bagi puasa wajib, karena Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pernah datang ke Aisyah selain bulan ramadhan beliau berkata : “Apakah engkau punya santapan siang ? kalau nggak ada aku berpuasa”. (HR Muslim (1154))

Hal in juga dilakukan oleh para shahabat: Abu Darda’, Abu Thalhah, Abu Hurairah, Ibnu Abbas, Hudzaifah bin al-Yaman radhiallahu ‘anhum kita dibawah bendera sayyidnya bani Adam.

Ini berlaku dalam puasa sunnah menunjukan wajibnya niat di malam hari sebelum terbit fajar dalam puasa wajib, Wallahu Ta’ala A’lam.

Sumber : Shifati Shaumin Nabiyyi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (Syaikh Salim bin ‘Id Al-Hilaaly, Syaikh Ali Hasan Ali Abdul Hamid)

 

Pos ini dipublikasikan di Ramadhan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s