Sejarah Tentang Diwajibkannya Shalat

Sejarah Tentang Diwajibkannya Shalat

Perintah tentang diwajibkannya mendirikan shalat tidak seperti Allah mewajibkan zakat dan lainnya. Perintah mendirikan shalat yaitu melalui suatu proses yang luar biasa yang dilaksanakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu melalui Isra dan Mi’raj, dimana proses ini tidak dapat dipahami hanya secara akal melainkan harus secara keimanan sehingga dalam sejarah digambarkan setelahnya Nabi melaksanakan Isra dan Mi’raj, umat Islam ketika itu terbagi tiga golongan yaitu, yang secara terang–terangan menolak kebenarannya itu, yang berada di tengah–tengahnya dan yang yakin sekali akan kebenarannya.

Dilihat dari prosesnya yang luar biasa maka shalat merupakan kewajiban yang utama, yaitu mengerjakan shalat dapat menentukan amal–amal yang lainnya, dan mendirikan sholat berarti mendirikan agama dan banyak lagi yang lainnya.

Pada awalnya jumlah shalat yang beliau terima adalah 50 waktu shalat, kemudian dikurangi menjadi 5 waktu shalat, seperti yang terdapat dalam hadits berikut ini :

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu “Telah difardhukan kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat pada malam beliau diisra`kan 50 shalat. Kemudian dikurangi hingga tinggal 5 shalat saja. Lalu diserukan, “Wahai Muhammad, perkataan itu tidak akan tergantikan. Dan dengan lima shalat ini sama bagimu dengan 50 kali shalat”.[1]


[1] HR Ahmad, An-Nasai dan dishahihkan oleh At-Tirmizy

Pos ini dipublikasikan di Shalat. Tandai permalink.

4 Balasan ke Sejarah Tentang Diwajibkannya Shalat

  1. lanouc91 berkata:

    wah keren….
    akhi sesekali tlng muat artikel tentang kristologi dunk!!!

    • Syukron, Insya Allah kalau saya diberi keluasan waktu dan ilmu. Karena masalah kristologi adalah masalah yang berat. Harus ditunjang dengan dalil-dalil Aqli dan Naqli agar kuat hujjah kita, dan agama kita menjadi tegak di muka bumi ini. Wallahu a’lam

      • lanouc91 berkata:

        bagaimana klo antum tulis artikel tentang nabi muhammad……
        tentang beliau…bahwa beliau adalah buta huruf dan kapan saja beliau bertemu dengan warokoh bin naufal……
        syukron…

      • Alhamdulillah. Washshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillah. Amma ba’d. Syukron akh atas masukannya. Insya Allah kalo ana ada keluasan waktu dan keluasan ilmu, ana posting ttg biografi Nabi yang mulia -Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam- Insya Allahu Ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s