SEMUA ASMA ALLAH ADALAH INDAH

SEMUA ASMA ALLAH ADALAH INDAH

Nama Allah Subhanahu wata’ala semuanya indah, dan sama sekali tidak ada padanya nama-nama yang buruk. Sebagian dari nama-nama Allah diambil dari perbuatan-Nya, seperti Al-Khaliq (Yang Menciptakan), Ar-Raaziq (Yang Memberi Rizki), Al-Muhyi (Yang Menghidupkan), dan Al-Mumiit (Yang Mematikan). Ini menunjukkan bahwasanya semua perbuatan-Nya merupakan kebaikan yang bersifat absolut, dan tidak ada kejahatan pada perbuatan-Nya. Sebab bila dikatakan Allah melakukan perbuatan jahat, tentu artinya tidak semua nama-Nya indah, dan ini adalah pendapat yang sangat bathil jauh dari kebenaran.

Kejahatan tidak kembali kepada-Nya. Dan sebagaimana kejahatan tidak termasuk dalam sifat dan Dzat-Nya, maka ia juga tidak termasuk pada perbuatan-Nya. Kejahatan tidak kembali kepada-Nya dan tidak boleh disandarkan kepada-Nya, baik pada perbuatan maupun sifat.

Yang ada sebaliknya, yaitu kejahatan kembali kepada makhluk. Bedakan antara perbuatan Allah dengan makhluk-Nya. Kejahatan yang terjadi itu dilakukan oleh makhluk-Nya yang sangat berbeda dengan-Nya. Dalam arti lain, kejahatan itu tidak terjadi karena Dia yang melakukannya. Camkanlah hal ini, karena kebanyakan ahli kalam tidak memahaminya dan banyak orang yang tersesat dalam masalah ini.

Pos ini dipublikasikan di Tauhid. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s